Seperti diketahui bahwa sekarang adalah eranya dunia sosial media. Sosial media tak hanya platform untuk bersenang-senang, tetapi juga ranah penting untuk dikenal banyak orang. SETIAP perusahaan baik itu coffee shop atau segala ranah bisnis di berbagai bidang tak ada yang tidak memiliki akun di berbagai media sosial. Perusahaan khususnya yang bergerak di kopi industri tampaknya sadar benar dengan besarnya peran media sosial dalam mendongkrak suksesnya perusahaan mereka. Jika dulu media sosial hanya sebagai media “iseng” atau “senang-senang” belaka, kini media sosial bertransformasi menjadi wadah dan wajah sebuah produk. Orang-orang tak lagi melihat media cetak untuk melihat sebuah produk, kostumer kini lebih condong menggunakan media sosial dari sebuah produk untuk membeli produk yang mereka inginkan. Meski begitu, tak semua perusahaan tahu bagaimana mengoptimasi akun media sosial yang mereka miliki. Untuk itu kali ini akan kami bagi empat tips agar akun sosial media kedai kopi atau bisnis kopimu bisa berhasil secara maksimal.
Orisinalitas
Banyak akun media sosial sebuah coffee shop yang isinya merupakan konten dari akun lain atau “dicolong” dari Internet. Feed Instagram akun kedai kopimu bisa saja menarik karena foto-foto yang ditampilkan bagus, tapi apa gunanya jika yang kamu posting ternyata milik orang lain dan kehilangan orisinalitasnya. Untuk memaksimalkan konten, tak ada salahnya jika kamu membuat sendiri konten untuk akun Instagrammu. Pilih sudut-sudut menarik, beri caption yang pas lalu posting. Meski banyak kedai kopi yang menjual menu yang sama, dengan membuat konten sendiri tentu orisinalitas dan ciri kedai kopimu berbeda. Ingat, jangan pernah copy-paste foto orang lain tanpa menyertakan sumbernya.
Konsisten
Segala sesuatu yang dilakukan dengan konsisten pastilah membuahkan hasil. Hal ini juga berlaku pada konsistensi mengunduh konten di media sosial. Akun sosial mediamu tidak akan meraih apa yang kamu inginkan jika pengelolanya sendiri malas-malasan mengunduh kontennya. Jika kamu kesulitan membuat jadwal, pastikan bahan konten sosial mediamu telah ada dan di-stock agar bisa diunduh setiap hari. Ingat, konsistensi itu sangat penting karena di sini follower yang kelak menjadi kostumermu melihat kesungguhanmu dari apa yang kamu upload setiap hari. Lagian dengan adanya konsistensi, kamu juga bisa mengatur produk apa yang akan kamu promosikan setiap hari.
Selalu Update
Sebuah akun yang berhasil adalah akun yang peka terhadap apa yang terjadi di sekitar. Dalam mengelola sebuah akun diharuskan peka dan tahu banyak terhadap beragam peristiwa yang relevan dengan sebuah brand. Juga harus aware terhadap beragam topik yang beredar di pasaran. Beberapa brand malah memiliki kaledioskop agar postingan akun mereka tepat dengan momentum yang ada. Misalnya ini memasuki tahun baru, unduhlah konten yang berkaitan dengan tahun baru yang tentunya tetap memberi sentuhan dari brand yang kamu kelola. Atau Hari Kopi Sedunia, unduh konten mengenai ini dan sesekali bolehlah membuat kuis seru sebagai apresiasi terhadap follower setia.
Spesifik & Relevan
Sebuah brand biasanya memiliki pasar dan audience yang spesifik. Oleh karena itu, hal tersebut juga harus berlaku di media sosial brand itu. Jika kedai kopimu biasa didatangi anak muda dan coffee addict, maka postingan tentang memuja kopi sachet bukanlah konten yang relevan. Tidak pernah ‘kan kamu melihat sebuah brand sepatu memposting produk susu? Karena itu sama sekali tidak spesifik dan relevan.
Nah, sudah tahu ‘kan bagaimana mengoptimasi akun media sosial di bisnis kopimu. Kira-kira akun media sosial brand kopi mana yang menjadi favoritmu?
sumber: https://majalah.ottencoffee.co.id/4-cara-agar-bisnis-kopi-berhasil-di-sosial-media/
Orisinalitas
Banyak akun media sosial sebuah coffee shop yang isinya merupakan konten dari akun lain atau “dicolong” dari Internet. Feed Instagram akun kedai kopimu bisa saja menarik karena foto-foto yang ditampilkan bagus, tapi apa gunanya jika yang kamu posting ternyata milik orang lain dan kehilangan orisinalitasnya. Untuk memaksimalkan konten, tak ada salahnya jika kamu membuat sendiri konten untuk akun Instagrammu. Pilih sudut-sudut menarik, beri caption yang pas lalu posting. Meski banyak kedai kopi yang menjual menu yang sama, dengan membuat konten sendiri tentu orisinalitas dan ciri kedai kopimu berbeda. Ingat, jangan pernah copy-paste foto orang lain tanpa menyertakan sumbernya.
Konsisten
Segala sesuatu yang dilakukan dengan konsisten pastilah membuahkan hasil. Hal ini juga berlaku pada konsistensi mengunduh konten di media sosial. Akun sosial mediamu tidak akan meraih apa yang kamu inginkan jika pengelolanya sendiri malas-malasan mengunduh kontennya. Jika kamu kesulitan membuat jadwal, pastikan bahan konten sosial mediamu telah ada dan di-stock agar bisa diunduh setiap hari. Ingat, konsistensi itu sangat penting karena di sini follower yang kelak menjadi kostumermu melihat kesungguhanmu dari apa yang kamu upload setiap hari. Lagian dengan adanya konsistensi, kamu juga bisa mengatur produk apa yang akan kamu promosikan setiap hari.
Selalu Update
Sebuah akun yang berhasil adalah akun yang peka terhadap apa yang terjadi di sekitar. Dalam mengelola sebuah akun diharuskan peka dan tahu banyak terhadap beragam peristiwa yang relevan dengan sebuah brand. Juga harus aware terhadap beragam topik yang beredar di pasaran. Beberapa brand malah memiliki kaledioskop agar postingan akun mereka tepat dengan momentum yang ada. Misalnya ini memasuki tahun baru, unduhlah konten yang berkaitan dengan tahun baru yang tentunya tetap memberi sentuhan dari brand yang kamu kelola. Atau Hari Kopi Sedunia, unduh konten mengenai ini dan sesekali bolehlah membuat kuis seru sebagai apresiasi terhadap follower setia.
Spesifik & Relevan
Sebuah brand biasanya memiliki pasar dan audience yang spesifik. Oleh karena itu, hal tersebut juga harus berlaku di media sosial brand itu. Jika kedai kopimu biasa didatangi anak muda dan coffee addict, maka postingan tentang memuja kopi sachet bukanlah konten yang relevan. Tidak pernah ‘kan kamu melihat sebuah brand sepatu memposting produk susu? Karena itu sama sekali tidak spesifik dan relevan.
Nah, sudah tahu ‘kan bagaimana mengoptimasi akun media sosial di bisnis kopimu. Kira-kira akun media sosial brand kopi mana yang menjadi favoritmu?
sumber: https://majalah.ottencoffee.co.id/4-cara-agar-bisnis-kopi-berhasil-di-sosial-media/