Senin siang kemarin saya memenuhi undangan dari Mr. Gunawan Wake Cup Coffee Moro Purwokerto, untuk berbincang-bincang seputar coffee dan berkenalan dengan Mr. Kama yang merupakan Founder and Director Wake Cup Coffee.
Pertemuan kami "like a magic scene" karena beberapa waktu sebelumnya saya bbm Mr. Gunawan mengenai ide pola penulisan coffee blog saya yang mengharuskan saya untuk menulis blog atas sepengetahuan pemilik coffee shop, serta berisi juga point of view dari pemilik untuk memperoleh gambaran yang seimbang, mengenai tulisan saya, baik dari menu, interior, pelayanan, dll. Dan Senin siang itu Mr. Gunawan memberikan surprise kepada saya dengan mempertemukan saya "with" Mr. Kama.
Tanpa berlama-lama untuk berbasa-basi saya mulai mengajukan pertanyaan, apa yang menjadi alasan [the big why ?] Mr. Kama memilih berbisnis coffee and beyond, serta mengapa mengambil "brand name" Wake Cup Coffee. Melalui penuturan beliau, saya mulai dapat menyelami kedalaman mimpinya dan memahami brand doctrine Wake Cup yang kuat.
LIFE BEGINS AFTER YOU WAKE CUP ! adalah slogan mereka yang secara teori "brand mindset" adalah: "kumpulan frasa pendek yang cukup mewakili gambaran keseluruan perusahaan / all company" benar-benar mereka perjuangkan. Berawal dari kisah kecintaannya akan kopi, patriotisme dia dengan pemilihan kopi berkualitas premium produk Nusantara, posisi lima besar komoditas kopi yang sudah bertahan lebih dari 3 dekade, dan pengembangan sistem manajemen serta company culture yang dia terapkan sudah cukup menggambarkan "the big why ? " dari pemilihan bisnis ini. Komitmen beliau juga terlihat dengan jadwal kunjungan ke tiap-tiap gerai yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Saya lebih surprise lagi, karena beliau juga belajar mengingat nama semua pegawai yang bekerja di setiap gerai [padahal saya ini adalah orang yang cukup sulit dibuat terkesan oleh orang lain lho !]. Tapi begitulah pengalaman yang saya alami dengan Mr. Kama dan Mr. Gunawan. Mereka berdua saya lihat bukan hanya "sebatas" berbisnis guna menyambung hidup atau mempertebal kantong mereka, akan tetapi mereka memiliki misi untuk memberi pengaruh positif pada lingkungan company mereka, sebagaimana saya melihat dari koleksi foto kegiatan-kegiatan mereka.
Tanpa saya sadari 4 jam sudah berlalu, dan kebisingan MORO yang penuh dengan hiruk pikuk pengunjungnya serasa tidak berpengaruh pada keasikan bincang-bincang kami. Time to go home, and status **** or my 3rd place adalah nilai PRIBADI saya untuk Wake Cup.